POSISI DAN CARA RENANG JERAM

 

Renang jeram merupakan materi dasar yang harus dimiliki oleh para penggiat arung jeram karena hal ini sangat vital dalam berarung jeram. kemungkinan diri kita terjaruh dari perahu itu lebih besar karena itu perlu adanya persiapan dan ilmu pengetahuan dasar saat berada dalam posisi tersebut.

langkah awal saat kita berada dalam posisi renang jeram misalnya saat terjatuh dari perahu yaitu JANGAN PANIK. usahakan diri kita tetap tenang karena dengan pikiran tenang kita mampu berpikir dengan baik dan mengambil langkah langkah dengan tepat untuk mengatasi suatu masalah.

adapun posisi reang jeram yaitu dengan melakukan posisi renang gaya punggung (telentang) untuk lebih jelasnya bisa dilihat di photo. kepala berada diarah hulu sungai dan kaki di hilir sungai. posisi kaki harus selalu diusahakan berada di atas permukaan air. hal ini sangat penting untuk menghindari terjadinya FOOT ENTRAPMENT atau kaki terjepit di batu. bila terjadi foot entrapment kemungkinan besar kaki kita bisa PATAH. selanjutnya posisi kaki seperti mengayuh sepeda, hal ini kegunaannya yaitu saat di depan terdapat batu kaki kita akan berusaha menendangnya dan menghindarinya (pindah jalur).

bila renang jeram tanpa membawa dayung, tangan digunakan sebagai penyeimbang dan pengarah ke tempat yang ingin kita tuju. misalnya kita ingin berenang ke sisi kiri sungai maka usahakan kedua tangan mengarahkan tubuh kita ke sisi kiri sedikit demi sedikit. bila renang jeram sambil menggunakan dayung, kita dapat mengarahkan tubuh ketempat yang diinginkan dengan menggunakan blade pada dayung. bila ingin belok makan posisi blade dibuka sehingga akan tertabrak arus air  setelah itu ditutup kembali. demikian seterusnya.  usahakan pandangan selalu kedepan sehingga kita dapat melihat jalur yang akan dilalui dengan baik. usahakan selalu bernapas di lembah gelombang. lalu putar wajah ke kiri atau kekanan saat melewati ombak hal ini untuk menghindari air masuk ke hidung. kebanyakan orang bila air masuk ke hidung maka akan lebih cepat panik. hal lain yang perlu diperhatikan yaitu segera melakukan posisi renang aktif saat arus/ ombak sudah mulai tenang (ending jeram).  JANGAN SEKALI KALI MELAKUKAN POSISI BERDIRI SAAT DI JERAM!!!

sebenarnya dalam renang jeram banyak aspek yang mesti diperhatikan seperti fungsi peralatan pribadi seperti helmn pelampung dan alas kaki. hal ini sangat penting, karena bila helm kendor maka akan menutupi pandangan bahkan lepas, bila pelampung tidak dikencangkan maka pelampung akan naik dan mengganggu proses bernafas saat renang jeram. begitu pula dengan alas kaki karena dikawatirkan akan tertusuk benda benda runcing.

Categories: DIVISI AIR, MATERI KEPECINTAALAMAN | Tags: , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: